Bedah Buku di Pengajian AsMaRa

Bedah buku di pengajian ibu-ibu, mengapa tidak?

Hari Senin, 11 Agustus 2008 ada yang sedikit istimewa di pengajian rutin AsMaRa (Assakinah Mawaddah wa Rahmah). Kelompok pengajian yang beranggotakan Ibu-Ibu Walimurid Al Hikmah dari berbagai jenjang ini, mengundang Sinta Yudisia Wisudanti, penulis buku “Rival-Rival Istri” yang dibedah isinya hari itu.

Sinta Yudisia, penulis yang aktif di komunitas penulis Forum Lingkar Pena ini mengatakan bahwa alasan ditulisnya buku Rival-Rival Istri (RRI) ini adalah untuk memperkaya khasanah buku-buku guidance (petunjuk) perilaku khusus muslim. Selama ini buku-buku psikologi yang mengacu pada guidance dalam berperilaku kebanyakan ditulis dan diterbitkan oleh dunia barat dan sifatnya non-muslim. Maka buku RRI ini diharapkan bisa dijadikan salah satu acuan oleh para istri muslimah, apa dan siapa saja sih rival-rival seorang isteri itu? Dan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dan menghadapi para rival itu?

Alasan lainnya, karena selama ini juga masih banyak ditemui kesalahpahaman mengenai hak dan kewajiban suami-istri menurut Al-Qur’an dan Islam. Bahkan sebagai akibatnya, Islam seringkali dituding sebagai agama yang mendeskreditkan kaum perempuan (istri). Padahal sebaliknya, Islam sangat menjunjung dan memuliakan kaum istri. Sebagai contoh, ternyata dalam hukum Islam, seorang suami yang istrinya sedang mengandung, maka dia hendaknya memberikan infaq kepada istrinya itu. Bukan itu saja, seorang istri yang sedang menyusui, malah berhak mendapatkan bayaran dari suaminya. Hal-hal seperti ini terkadang masih kurang disadari oleh para suami.

Buku RRI sendiri, dikemas dalam bentuk yang menarik, santai bahkan terasa lucu dan menghibur. Hal ini tak lepas dari gaya penulisan Sinta yang memang lebih banyak menulis buku anak-anak. Baca saja tulisan di cover belakangnya :

Menjadi istri berarti menjadi RATU dalam kerajaan rumah tangga. Menjadi ratu berarti harus selalu siap. Siap jadi pendamping dan tempat curhat, juga siap mempertahankan SANG RAJA dari musuh-musuh (baca: rival-rival), yang berpotensi merebut kedudukan kita. Cukupkah senjata yang kita siapkan untuk menghalau rival-rival itu? Belum tentu. Sebab seperti yang dikatakan Sun Tzu, untuk memenangkan perang, kenalilah musuhmu! Dan buku ini akan membantu mengenali siapa saja rival-rival kita, juga bagaimana mengatasinya.

Buku RRI menyebutkan, yang bisa menjadi rival bagi para istri bukan cuma cewek cantik dan modis, tetapi juga :

ibu mertua

saudara-saudara ipar

hobi suami

kerjaan suami

the girls from the office (termasuk para SPG di pameran-pameran itu!)

teman-teman se’gang’ suami

dll.

Dengan judul yang cukup provokatif dan dilengkapi dengan tips-tips bagaimana (how to) menghadapi “serangan” rival-rival diatas, buku ini diklaim wajib dibaca oleh semua istri.

Yang juga cukup spesial, dalam rangka semangat kemerdekaan pada bulan Agustus ini, ibu-ibu anggota pengajian datang dengan dresscode kompak : merah-putih! Klop, siap-siap berjuang untuk menghadapi “rival-rival” ya, Ibu-Ibu??

Explore posts in the same categories: berita, feature

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

4 Comments on “Bedah Buku di Pengajian AsMaRa”

  1. faisol Says:

    terima kasih sharing ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Berdzikir Membuat Hati Tetram, Benarkah?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/berdzikir-membuat-hati-tentram-benarkah.html

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  2. wahida Says:

    Bukunya menarik sekali, dan memang cara penyampaiannya menghibur sekali..🙂

  3. venni Says:

    Mbak Wahida… Saya pingin ikut pengajian ASMARA nya dong… Kapan lagi ada pertemuannya? Bagaimana cara saya berganbung ? Adakah no telp yang bisa saya hubungi? Terima kasih..

  4. wahida Says:

    Mbak Venny…
    Senang sekali kalau mbak Venny mau bergabung dengan kami. Insyaallah berkah dan manfaat.

    Silakan menghubungi Ibu EMMA, di nomor 0811300822 (no ini diposting sudah atas ijin yang bersangkutan). InsyaAllah kalau sudah terdaftar, untuk pertemuan selanjutnya Mbak Venny akan mendapat undangan via sms.

    Oya, di pengajian AsMaRa, semua anggota dikenai iuran kas sosial dan konsumsi sebesar 15 ribu/bulan. Thx dan selamat bergabung🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: