Talk Show “Smart Parent for Smart Student”

Sabtu, 25 Oktober 2008 lalu, Klub Keluarga Al Hikmah kembali mengadakan Talkshow Pendidikan Anak. Talkshow kali ini sekaligus diisi acara bedah buku “Smart Parent for Smart Student : Panduan Cerdas bagi Orang Tua Murid” yang ditulis oleh salah satu walimurid yang juga salah satu direktur di Konsorsium Pendidikan Islam (KPI), Ust. M JINAN, M.Pd.I.

Buku yang menarik karena didalamnya bisa didapati banyak sekali tips yang aplikatif tentang bagaimana kita sebagai orangtua, mendampingi anak-anak kita menjalankan perannya sebagai seorang murid di sekolah. Pembahasan yang cukup detil dan rinci tentang banyak hal menjadikan buku ini menjadi bacaan yang sangat bermanfaat bagi kita para orangtua yang sekaligus menjadi walimurid ini.

Lihat saja bagaimana penulis membahas tentang anak-anak yang cenderung lebih patuh kepada ustadz/ah di sekolah daripada orangtuany dirumah. Ustadz Jinan mengungkapkan, bahwa hal ini merupakan suatu hal yang positif dan tidak perlu ditanggapi secara emosional oleh para orangtua. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa anak-anak ternyata sudah bisa menerima otoritas lain diluar lingkungan keluarga. Jadi yang lebih penting untuk diperhatikan adalah tinggal bagaimana orangtua bisa menjalin kerjasama yang baik dan proporsional dengan pihak ustadz/ah di sekolah.

Bab lain membahas juga tentang betapa Buku Penghubung seakan sebuah pisau bermata dua, bisa menjadi hal yang sangat BERBAHAYA! Kenapa? Contohnya, karena hal-hal berikut ini :

  • Buku penghubung digunakan sebagai sarana untuk menakut-nakuti anak agar mau melakukan tugasnya.
  • Buku penghubung ditulis tidak sesuai dengan kondisi riil anak.
  • Buku penghubung ditulis sesuai dengan permintaan anak.
  • Tidak ada tindak lanjut terhadap informasi yang ada pada buku penghubung.
  • Orangtua atau guru tidak memiliki kepedulian untuk mengisi buku penghubung.

    Selain hal diatas, didalam buku yang sangat handy ini juga dibahas hal-hal praktis, seperti soal uang saku, apa yang mesti dilakukan orangtua jika menghadapi kenyataan anaknya mendapat angka merah di rapor, bagaimana mengoptimalkan metode belajar anak-anak, membentuk karakter pada anak, sampai pada makna ciuman pada anak dan berapa jumlah TV yang baik dirumah kita. Lengkap, praktis, dan sangat pas untuk menjadi salah satu panduan kita sehari-hari.

    Selain Ustadz Jinan, ada pula Ibu Ani Christina, S.Psi.Psi, direktur Lembaga Psikologi Al Hikmah yang juga mantan BK SMA Al Hikmah Surabaya. Kehadiran Bu Ani tentu saja tidak disia-siakan oleh sekitar 125 walimurid yang hadir pagi itu. Walimurid pun berbondong-bondong mengalamatkan “curhat”nya kepada Bu Ani. Tentang apalagi kalau bukan tentang polah tingkah anak-anak dirumah dan juga di sekolah. Dengan jawaban yang lugas dan sangat menarik (karena diselipi cerita-cerita tentang anak-anak yang ditemuinya selama beliau bertugas sebagai BK), Bu Ani sudah membuat suasana talkshow menjadi gayeng dan berlangsung hangat.

    Ada yang menarik ketika salah satu orangtua sempat curhat, memang benar betapa anak-anak ini sangat patuh dan sangat mengidolakan ustadz/ah di sekolah, sampai-sampai sebagai orangtua sempat terjadi sedikit “kecemburuan” karena hal ini. Dengan lugas Bu Ani pun menceritakan, bahwa anak-anak sebenarnya juga sangat mengidolakan orangtuanya. Hanya saja memang anak-anak suka “malu” atau bahkan “gengsi” untuk mengungkapkannya secara langsung. Buktinya, lanjut Bu Ani, ketika anak-anak di sekolah, cerita-cerita yang meluncur dari bibir mereka seringkali juga tentang papa atau mama, tentang apa saja kehebatan orangtuanya dirumah. Hal ini yang mungkin tidak banyak diketahui oleh para orangtua.

    Lebih lanjut, Bu Ani juga mengungkapkan, bahwa ketika diadakan semacam kuis atau polling. tentang profesi apa yang nantinya diminati anak-anak ketika mereka dewasa, ternyata lebih dari 60% anak-anak menjawab ingin menekuni profesi yang sama dengan yang ditekuni orangtuanya. Inilah bukti bahwa sebenarnya, tak ada alasan orangtua untuk “mencemburui” ustadz/ah di sekolah, karena baik orangtua maupun guru, sama-sama merupakan bagian yang penting dan patut menjadi idola dan tauladan bagi kehidupan anak-anak kita. (*)

    (Anda berminat untuk mandapatkan buku “Smart Parent for Smart Student”? Silakan menghubungi Ibu Eka (staf Komite Sekolah) di nomor 031-8290140)

    p1130124 p1130126

    p1130114 p1130136

    p1130137 p1130160

    p1130141 p1130162

    p1130173 p1130151

    Explore posts in the same categories: berita, komite sekolah, Uncategorized

    Tags: ,

    You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

    One Comment on “Talk Show “Smart Parent for Smart Student””

    1. utmanto Says:

      saya sangat tertarik sekali tentang diskusi yang bertemakan smart parent for smart student. dan menurut saya diskusi tersebut sangat dibutuhkan oleh para orang tua di indonesia khususnya umat islam


    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s


    %d bloggers like this: